7 makanan sehat pelancar siklus menstruasi

18 Jan 2013

7 makanan sehat pelancar siklus menstruasiMenstruasi merupakan hal yang lazim bagi sebagian besar wanita yang berusia dewasa selama 3-5 hari, sedangkan siklus menstruasi dapat bervariasi dari 28-30 hari. Namun sebagian besar wanita mengalami masalah menstruasi yang tidak teratur termasuk juga saya. Ini biasanya terjadi ketika wanita memasuki tahap awal menstruasi dan masa menopause.

Siklus menstruasi merupakan perhitungan yang kita buat dari tanggal pertama menstruasi sampai periode berikutnya. Namun tidak semua siklus mestruasi yang kita hitung berjalan dengan lancar. Penyebab menstruasi tidak lancar ialah gaya hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, olahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan.

Buat kamu yang memang memiliki keluhan menstruasi yang tidak lancar, berikut adalah makanan sehat yang dapat memperlancar siklus menstruasi, seperti dilansir Boldsky yuk monggo disimak :)

1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi karena memiliki banyak kandungan gizi yang berguna bagi tubuh kamu. Buat kamu yang tidak menyukai brokoli bisa diakali dengan membuat brokoli crispy, brokoli bakar, dll.

2. Salmon

Hmm, siapa yang tidak mengenal ikan salmon. Ikan yang terkenal akan gizinya yang tinggi, yaitu kaya kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon. Ini juga membantu menyingkirkan masalah menstruasi tidak teratur kamu.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi harian ialah bayam, asparagus, dan brokoli merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi kamu. Banyak cara untuk menyiasati memakan sayuran hijau jika kamu tidak menyukainya yaitu menjadi olahan yang kamu sukai seperti keripik, kue, dll.

4. Biji wijen

Biji wijen? bayangkan saja wijen di onde-onde, kecil bukan? apalagi bijinya.. :) Namun dapat membantu kamu memperlancar siklus menstruasi. Tapi, jangan makan biji wijen secara berlebihan karena akan meningkatkan panas tubuh.

5. Yogurt

Yogurt adalah produk susu yang kaya akan kalsium dan protein. Untuk mendapatkan yogurt saat ini tidaklah sulit, biasanya terdapat di setiap pusat perbelanjaan. Rasanya yang asam manis memungkinkan kamu untuk mengonsumsi yogurt setiap hari agar siklus menstruasi lancar.

6. Susu kedelai

Susu kedelai merupakan hasil sari dari kacang kedelai. Susu kedelai dapat dibeli di pasar tradisional ataupun pasar swalayan terdekat. Susu kedelai selain lezat ternyata juga kaya akan manfaat, salah satunya ialah membantu memperlancar menstruasi.

7. Telur

Telur rebus sangat kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Protein yang dikandung telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.

Inilah tujuh makanan sehat yang dapat memperlancar siklus menstruasi kamu. Jika menstruasi masih tidak teratur, segera berkonsultasi dengan dokter.

- Jagalah tubuhmu. Karena tubuhmu adalah tempat hidup satu-satunya yang kau miliki -


TAGS masalah menstruasi hidup sehat


-

Author

Follow Me